Card image cap

Gigi Berlubang Sebaiknya Ditambal Atau Dicabut?

   
Artikel    2015-02-06  13:04:47

gambar

Gigi dan Mulut - Judul diatas memang menjadi pertanyaan banyak orang. Itu karena sekarang ini banyak orang yang bingung menentukan pilihan apakah gigi berlubang ditambal atau dicabut? Sebelum Anda memilih langkah yang Anda anggap benar lebih baik Anda melihat dengan baik efek yang akan ditimbulkan dari kedua langkah tersebut.

Menambal gigi berlubang ataupun mencabutnya secara langsung memang memiliki banyak efek baik efek yang positif maupun efek yang negatif. Apabila Anda asal dalam menentukan langkah akan membuat Anda kecewa karena dampak yang Anda dapatkan kurang sesuai dengan harapan. Agar Anda tidak bingung dalam memilih keputusan lebih baik Anda membaca penjelasan berikut.

Apabila Anda masih bingung apakah gigi berlubang ditambal atau dicabut maka Anda harus mengerti apa yang dimaksud dengan menambal gigi. Yang dimaksud dengan menambal gigi adalah memberikan lapisan tambahan untuk gigi yang berlubang. Lapisan tambahan yang digunakan sangat aman untuk gigi Anda. Sebagian besar dokter gigi sangat menyarankan untuk menambal gigi yang sudah berlubang dari pada mencabutnya. Menambal gigi tidak akan memberikan efek berbahaya jika dilakukan oleh dokter yang sudah berpengalaman.
 
Jika seseorang menambal gigi maka struktur gigi tidak akan berubah. Itu karena gigi yang berlubang hanya akan mendapatkan perawatan khusus. Perawatan yang dilakukan juga cukup simple dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Tetapi banyak orang yang merasa jika menambal gigi kurang efektif karena jika sakit gigi kumat rasa sakit juga masih muncul. Dengan menambal gigi Anda juga tidak perlu takut struktur gigi menjadi berubah. Agar Anda semakin yakin untuk menentukan pilihan apakah gigi berlubang ditambal atau dicabut lebih baik Anda berkonsultasi dengan dokter gigi terpercaya.
 
Mencabut Gigi Berlubang
 
Cara yang satu ini memang memiliki banyak resiko. Jika seorang dokter ditanya mengenai gigi berlubang ditambal atau dicabut maka jarang ada dokter yang mengambil tindakan kedua ini. Anda harus mengerti jika untuk mencabut gigi sekarang prosedurnya cukup sulit. Anda harus rutin berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan gigi yang Anda miliki aman untuk dicabut. Sekarang ini banyak orang yang menjadikan mencabut gigi berlubang menjadi solusi utama jika sakit gigi yang diderita sudah tidak tertahankan.
 
Salah satu efek berbahaya dari mencabut gigi adalah pendarahan. Gigi memiliki jaringan yang cukup kompleks. Apabila gigi tersebut dicabut dengan cara yang tidak tepat akan menjadikan pendarahan. Selain itu jika gigi seseorang dicabut akan membuat struktur gigi menjadi kurang bagus. Itu karena ada bagian yang kosong dalam rangkaian gigi. Bagian yang kosong tersebut akan membuat struktur gigi yang Anda miliki menjadi tidak rata. Gigi yang tidak rata akan terlihat kurang indah. Gigi memiliki akar yang cukup peka. Akar gigi tersebut akan membentuk sebuah jaringan yang membuat seseorang bisa mengunyah dengan baik. Apabila gigi dicabut akan membuat akar tersebut rusak dan pastinya Anda tidak nyaman jika mengunyah. Anda harus benar-benar mempertimbangkan banyak hal sebelum memilih apakah gigi berlubang ditambal atau dicabut.
 
Anda harus memahami jika gigi berlubang diakibatkan karena seseorang malas untuk membersihkan gigi. Akan lebih baik Anda mencegah gigi berlubang dengan cara rajin menggosok gigi dan memeriksakan kesehatan gigi rutin ke dokter.  Jika Anda membaca penjelasan ini dengan baik pasti Anda tidak akan bingung untuk menentukan apakah gigi berlubang ditambal atau dicabut.
 
Sumber: http://kesehatangigi.blogspot.com/2014/06/gigi-berlubang-ditambal-dicabut.html