Card image cap

drg Manginar Sidabutar, Senyum Sehat investasi Masa Depan

   Profil Ketua PDGI NTT
Artikel    2015-02-06  11:07:05

gambar

POS-KUPANG.COM, KUPANG --- Pada umumnya kita baru bisa menghargai sesuatu ketika sesuatu itu telah hilang. Seperti halnya kesehatan gigi. Karena itu, sebelum sesuatu yang berharga itu hilang dan kita menyesal, maka rawatlah gigi dan mulut kita.

Gigi merupakan investasi masa depan. Dengan gigi yang bersih dan sehat, kita pasti mudah tersenyum sehat dan dengan senyum sehat, masa depan gemilang bisa diraih. Karena itu, bersihkan gigi Anda sekarang atau Anda akan menyesal kemudian. 

Demikian pendapat dokter gigi (Drg). Manginar Sidabutar, MHID. Apa hubungan kesehatan gigi dengan investasi masa depan? Dosen pada jurusan keperawatan gigi di Poltekes Kemenkes Kupang ini menjelaskannya beberapa waktu lalu, dalam wawancara ekslusif dengan wartawati Pos Kupang, OMDSMY Novemy Leo.

Apa hubungan antara kesehatan gigi dengan Indonesia Sehat?
Pembangunan kesehatan dalam jangka panjang sebagaimana tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional RPJP-N 2005-2025 diarahkan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar peningkatan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya dapat terwujud.

Pembangunan kesehatan diselenggarakan berdasarkan perikemanusiaan, pemberdayaan dan kemandirian, adil dan merata, serta pengutamaan dan manfaat. Paradigma sehat yang telah direncanakan Departemen Kesehatan Republik Indonesia merupakan salah satu misi pembangunan di bidang kesehatan yang digambarkan sebagai perilaku yang sehat dalam kehidupan sehari-hari dan lingkungan sekitarnya serta memiliki kemampuan untuk menjangkau pelayanan kesehatan setinggi-tingginya dengan berbagai cara.

Seperti menggerakkan pembangunan nasional yang berwawasan kesehatan; mendorong kemandirian masyarakat untuk hidup sehat; meningkatkan pelayanan kesehatan yang bermutu; meningkatkan kesehatan individu, keluarga dan masyarakat termasuk lingkungannya.

Dan, karena kesehatan adalah hak asasi manusia, dan sekaligus merupakan investasi sumber daya manusia, serta memiliki kontribusi yang besar untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), maka hal itu menjadi satu keharusan bagi semua pihak untuk memelihara, meningkatkan, dan melindungi kesehatan demi kesejahteraan seluruh masyarakat Indonesia.

 

Sumber: http://kupang.tribunnews.com/2014/07/14/senyum-sehat-investasi-masa-depan